Cara-Mengetahui-WhatsApp-Anda-Dibajak

Tips Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Sebagai salah satu aplikasi chatting yang cukup populer, WhatsApp ternyata memiliki beberapa celah yang memungkinkan pihak lain menyadap-nya.

Ketika WhatsApp sudah disadap, kerahasiaan penggunanya akan bocor dan bisa berakibat fatal. Apalagi sekarang banyak aplikasi sadap WhatsApp yang beredar.

Oleh sebab itu, sebagai pengguna WhatsApp, Anda harus mempelajari cara mengetahui kalau WhatsApp Anda telah disadap.

Cara Mengetahui WhatsApp Anda Disadap

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah aplikasi WA Anda sedang disadap atau tidak.

1. Tidak Bisa Masuk Aplikasi WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp Anda tiba-tiba keluar secara otomatis dan tidak bisa login kembali, bisa jadi Anda sedang disadap.

Aplikasi ini menggunakan sistem single-device login yaitu dimana satu nomor hanya bisa dipergunakan untuk login pada satu aplikasi saja.

Jika satu perangkat lain telah login pada aplikasi WhatsApp, maka dipastikan Anda tidak akan bisa login. Ini adalah cara mengetahui WhatsApp disadap yang pertama yaitu Anda tidak bisa login pada akun WhatsApp sendiri.

Namun, untuk bisa login pada aplikasi WA ini, dibutuhkan verifikasi berupa OTP atau One Time Password. OTP dikirimkan melalui SMS ke perangkat dimana nomor tersebut aktif.

Jika ada pihak lain yang melakukan login ke WhatsApp Anda, mereka akan terhambat OTP karena tidak menerima pesannya. Jadi untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda tidak pernah membagikan kode OTP pada siapapun.

✅ TRENDING:  Download Aplikasi Bansos untuk Mendapatkan Bantuan

2. Tidak Bisa Digunakan untuk Menelpon

Ciri kedua yang bisa Anda pelajari dari cara mengetahui WhatsApp Anda disadap adalah dengan mencoba menggunakan fitur telepon.

Jika Anda bisa dengan mudah dan tanpa kendala melakukan telepon, maka aplikasi ini bisa dikatakan aman.

Namun jika Anda kesulitan atau tidak bisa menelpon padahal jaringan internet lancar, maka bisa jadi WhatsApp Anda sedang disadap.

3. Periksa WhatsApp Web

WhatsApp menambahkan fitur terbaru dimana Anda bisa membuka aplikasi ini secara sekaligus di laptop atau PC. Fitur ini bernama WhatsApp Web.

Fitur ini diakses melalui web browser dengan cara dihubungkan ke aplikasi WhatsApp Anda di ponsel. Cara menghubungkannya adalah melalui pindai barcode dari perangkat komputer atau laptop ke ponsel.

Fitur ini bisa menjadi salah satu cara menyadap WhatsApp Anda. Karena itu, Anda harus rajin memeriksa apakah WhatsApp Web Anda sedang aktif atau tidak.

Cara mengetahui WhatsApp disadap melalui WhatsApp Web adalah dengan mengecek koneksi WhatsApp Web-nya.

Caranya adalah dengan melihat dari menu setting atau pengaturan. Tekan tiga tombol titik vertikal yang ada di bagian kanan atas layar kemudian masuk ke menu WhatsApp Web.

Jika disana Anda melihat ada perangkat tidak dikenal sedang terhubung, maka aplikasi Anda sedang disadap.

Solusinya adalah dengan memutuskan semua kontak dengan cara logout dari semua perangkat. WhatsApp Web akan secara otomatis terputus dan tidak bisa lagi mengakses.

4. Pesan Otomatis Terbaca

Cara tahu WhatsApp Anda disadap atau tidak adalah dengan mengingat dengan jelas apakah Anda sudah membaca sebuah pesan atau belum. Jika Anda menerima sebuah pesan dan tiba-tiba sudah terbuka atau terbaca, bisa jadi aplikasi ini sedang disadap.

✅ TRENDING:  Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Edit Foto Pengantin Jawa

Mungkin jika terjadi sekali atau dua kali karena faktor lupa, ini adalah hal yang biasa. Namun jika terjadi berkali-kali dan Anda tidak ingat kapan membaca pesan tersebut, Anda wajib waspada.

WhatsApp memiliki fitur centang biru dimana Anda bisa mengetahui apakah penerima pesan sudah membaca pesan yang Anda kirimkan.

Selain untuk mengetahui hal tersebut, fitur ini juga bisa memberikan manfaat lain yaitu sebagai cara mengetahui akun WhatsApp disadap.

5. Tidak Merasa Mengirim Pesan

Salah satu indikasi dari WhatsApp yang sedang disadap adalah terkirim-nya sebuah pesan yang tidak pernah Anda lakukan. Anda tidak pernah merasa mengirim pesan tertentu pada salah satu kontak yang ada dalam WhatsApp Anda.

Hal ini adalah salah satu ciri bahwa aplikasi Anda sedang disadap oleh orang lain. Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati karena bisa saja aktivitas yang dilakukan penyadap dapat merugikan dan membahayakan.

6. Status Terlihat Online

Cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak selanjutnya adalah dengan meminjam ponsel orang lain. Perhatikan posisi WhatsApp Anda saat ini.

✅ TRENDING:  Aplikasi Edit Foto Memakai Baju Pengantin

Jika WhatsApp Anda nampak Online sedangkan perangkat pribadi sedang offline, bisa dipastikan Anda sedang disadap. Hal ini terjadi karena orang lain sedang membuka aplikasi whatsapp Anda saat itu.

7. Baterai Boros

Pemakaian baterai biasanya tergantung dari pola pemakaian dan aplikasi yang sedang dijalankan oleh penggunanya. Namun, jika Anda menggunakan ponsel dalam batas normal dan tidak berlebihan tapi baterai cepat habis, Anda patut curiga.

Hal ini bisa terjadi karena aplikasi WhatsApp Anda sedang berjalan meskipun bukan Anda sendiri yang mengoperasikan-nya. Aktivitas WhatsApp di perangkat lain berpengaruh terhadap pemakaian baterai pada ponsel Anda.

Aplikasi ini dianggap terus bekerja meskipun tidak aktif pada perangkat Anda sendiri. Itulah sebabnya mengapa baterai Anda menjadi cepat habis dan boros.

8. Paket Data Cepat Habis

Cara mengetahui WhatsApp disadap selanjutnya adalah dengan mengecek penggunaan paket data. Sama seperti baterai ponsel yang boros, pemakaian paket data pun juga cukup tinggi.

Apalagi jika WhatsApp Anda sering dibuka oleh orang lain dan digunakan untuk mengirim data, gambar dan video. Pemakaian paket data Anda juga otomatis mengikuti penggunaan WhatsApp tersebut.

Semua cara mengetahui akun WhatsApp disadap diatas perlu Anda pelajari sebagai bagian dari cara melindungi privasi diri.

Check Also

Aplikasi-Edit-Foto-Hijab-Pengantin

Download dan Cara Menggunakan Aplikasi Hijab Pengantin

Di aplikasi Tiktok telah viral tentang video dan photo pengantin yang cantik dengan menggunakan Hijab. …